Loading...

Benih Sayuran Asal Korea Ditahan Karantina Surabaya

15:14 WIB | Tuesday, 27-February-2018 | Karantina | Penulis : Kontributor

 Karantina Pertanian Surabaya menahan  24 sachet benih sayuran setara 1,636 Kg dari Korea, 2 batang bibit Jambu dan 1 batang pohon kelapa dari Malaysia.

 

 

 

Puluhan sachet benih sayuran tersebut dibawa penumpang pesawat  dari Korea, sedangkan bibit jambu dan pohon kelapa dari Malaysia dengan cara ditenteng.  Informasi berawal dari petugas Bea Cukai yang memberitahukan kepada petugas karantina bahwa berdasarkan deteksi Xray terdapat benda/komoditas yang wajib lapor karantina.

 

 

 

Walaupun secara kuantitas jumlah benih dan bibit tersebut tidak banyak, namun dari sisi risiko hama dan penyakit yang terbawa, antara sedikt atau banyak risikonya sama besarnya.

 

Menurut Okyo, POPT yang melakukan pemeriksaan benih dan bibit dimaksud, beberapa penyakit yang dapat terbawa di antaranya: a) Timun: cucumber green mottle mosaik (CGMMV), b. wortel : Clover yellow vein potyvirus (CYVV), c. seledri/sawi/xabe/terog/slada : Broad Bean Wilt ffabavirus (BVWV), d.cabe : Beet Curly top curtovirus (VCTC) dan lain sebagainya.

 

 

 

Karena pemasukan benih dan bibit tersebut tidak dilengkapi dengan Pythosanitarry certificate (PC) dan tidak ada Surat Ijin Pemasukan dari Kementerian Pertanian, saat ini  barang bukti tersebut ditahan dan diamankan di Unit Pelayanan III, Cargo - Bandara, Juanda. Herny

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162